Diet Paleo Dan Manfaat Kesehatan Kopi

Akhir-akhir ini, banyak orang berbicara tentang hubungan antara diet paleo dan manfaat kesehatan kopi ya kan? Sebenarnya, apa artinya dan bagaimana kopi cocok dengan gaya hidup ini? Sekarang kita akan gali lebih dalam.

diet paleo dan manfaat kesehatan kopi

Jill West, RDN, Direktur Nutrisi di Caveman Foods merupakan seorang Paleo Certified dan Paleo-Friendly Certified di California. Ia menyatakan bahwa dengan diet paleo, kamu menghilangkan makanan olahan dan kalori kosong yang mengarah pada kesehatan yang buruk. Lebih lanjut, menurutnya kopi memberikan manfaat kesehatan tambahan yang tidak akan diberikan oleh paleo.

Apa Itu Diet Paleo Dan Manfaat Kesehatan Kopi?

Paleo juga dikenal sebagai the paleolitik atau diet manusia gua. Diet yang berdasarkan akar pada periode Paleolitik. Metode ini dipopulerkan oleh Loren Cordain, PH.D. Bahkan ia merilis bukunya yang berjudul The Paleo Diet pada tahun 2002.

Sampai saat ini banyak orang yang tertarik dengan diet paleo. Alasannya, mereka ingin merasa lebih baik dan meningkatkan kesehatan dengan menurunkan berat badan, memperbaiki pencernaan, meningkatkan energi, dan mengurangi peradangan.

Tujuan dari diet ini adalah untuk kembali makan makanan yang tersedia untuk nenek moyang paleolitik kita. Makanan tersebut di antaranya seperti daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kopi adalah salah satunya. Kopi kaya akan antioksidan yang bekerja untuk menetralkan racun yang merusak sel dan mempercepat penuaan dini. Kopi melengkapi manfaat kesehatan dari diet paleo. Kopi juga dapat menurunkan risiko Diabetes Tipe 2, penyakit jantung, parkinson, jenis kanker tertentu, dan depresi.

Kopi dan diet paleo adalah pasangan yang solid. Sedangkan susu tidak termasuk dalam diet paleo. Itu karena susu diyakini tidak tersedia untuk nenek moyang awal kita. Lalu gimana jika kamu ingin minum susu dengan kopi? Tenang, kamu masih memiliki pilihan.

Susu almond akan menjadi alternatif susu yang paling sehat. Itu karena susu almond diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Ini adalah dua nutrisi penting yang kebanyakan orang kurang mengonsumsinya.

Alternatif lain termasuk krimer susu almond, santan, dan krimer kelapa yang biasanya tidak diperkaya dan tidak kaya nutrisi.

Kalo kamu menyukai pemanis atau gula dalam kopimu, pilihlah madu, gula kelapa, sirup maple, atau stevia. Taburan kayu manis di kopi juga terasa enak. Cobain deh!

Tips Diet Paleo Dan Manfaat Kesehatan Kopi

Kalo kamu juga ingin mengucapkan selamat tinggal pada kafein, kopi tanpa kafein adalah alternatif yang bagus. Industri kopi sekarang mencoba untuk mendorong kopi ke tingkat lanjut. Sama seperti anggur, orang meminumnya karena rasa dan bukan hanya untuk efek kimia.

Dengan pemikiran ini, banyak roaster khusus modern mulai berupaya menciptakan campuran kopi tanpa kafein. Bahkan mereka berlomba untuk menyajikan kopi tanpa kafein yang lezat dan single origin.

Ada alasan kenapa kopi tanpa kafein tidak selalu bagus. Itu karena biayanya yang mahal untuk menghilangkan kafein. Jadi para roaster di masa lalu telah membeli biji kopi murah untuk dimasukkan ke dalam campuran tersebut.

Alasan lainnya, karena kopi tanpa kafein dipesan lebih sedikit daripada kopi dengan kafein. Jadi lebih sulit bagi barista untuk membuatnya tetap enak di lidah

Akan tetapi, dengan sumber biji kopi, pemanggangan, dan dekafeinasi yang tepat, semakin banyak kopi tanpa kafein yang lezat muncul setiap harinya. Sehingga kamu dapat menemukan kopi yang enak tanpa kafein hari ini. Mungkin keberadaannya di Indonesia masih sangat langka juga.

Oke, itulah pembahasan tentang diet paleo dan manfaat kesehatan kopi yang perlu kamu coba. Terutama jika kamu serius ingin menurunkan berat badan. Mungkin keduanya perlu kamu dalami secara khusus. Jika ada kesempatan lain kami akan membahasnya secara eksklusif untukmu di sini ya.