Manfaat Secangkir Kopi Di Pagi Hari

Mari kita bicara kopi. Apakah kamu tahu apa manfaat secangkir kopi di pagi hari? Bagi kebanyakan orang, secangkir kopi pertama di pagi harilah yang membuat kita semangat. Dari yang awalnya bilang “Aku tidak bisa berfungsi”, menjadi “Oke, aku siap menyelesaikan pekerjaan ini”. Setelah kafein masuk, sekitar setengah jam kemudian, kita jadi begitu semangat bekerja.

Tapi tahukah kamu bahwa kopi tidak hanya memberimu panggilan untuk bangun? Kopi juga bukan cuma kamu butuhkan untuk memulai hari yang produktif. Itulah kenapa kami menyarankanmu untuk beli kopi jombang sebelumnya.

manfaat secangkir kopi

Terlepas dari kopi apapun yang kamu sukai, sebenarnya ada beberapa manfaat kesehatan utama untuk menikmati kopi setiap pagi. Kami dengan bangga merinci lima manfaat terfavorit di bawah ini.

Manfaat Secangkir Kopi Pagimu

Ingin menghilangkan gula dari ritual kopi pagimu? Gantikan dengan pemanis alami yang menyehatkan seperti madu. Di dalam Islam disebutkan tentang hal ini.

“Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur’an dan madu.” (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadist Ibnu Mas’ud).

Madu adalah produk yang sama manisnya, tapi lebih enak dari gula. Semua orang setuju dengan hal ini. Sama seperti kopi, madu juga memiliki sejuta manfaat kesehatan. Oleh karena itu, keduanya adalah kombinasi yang sempurna menurut kami.

1. Kopi Dipercaya Dapat Memperpanjang Usia Seseorang

Studi terbaru, termasuk satu dari Harvard, telah membuktikannya. Minum dua cangkir kopi sehari sama dengan mengurangi risiko kematian sebesar 10% secara keseluruhan untuk pria. Sedangkan untuk wanita, risikonya berkurang sebesar 15%. Lebih lanjut, wanita lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena beberapa penyebab utama kematian. Misalnya seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal.

Kopi membantu menangkal gagal jantung. Sebab, jantung yang lebih lemah yang tidak terbiasa dengan efek kafein mungkin lebih sulit memompa cukup darah ke tubuh.

2. Kopi Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Sama dengan yang kami sebutkan di atas. Kopi, khususnya kafein, dapat membantu memperkuat otot jantung dan menangkal gagal jantung.

Jantung yang lebih lemah yang tidak terlalu bergantung pada efek stimulasi kafein, mungkin lebih sulit memompa cukup darah ke tubuh.

3. Kopi Membantu Kerja Hati

Hatimu akan sangat berterima kasih, ketika kamu minum kopi secara rutin maupun tidak! Penelitian menunjukkan bahwa keduanya memiliki efek perlindungan terhadap hati. Peminum kopi lebih cenderung memiliki tingkat enzim hati yang lebih sehat daripada mereka yang tidak.

Lebih lanjut, ketika tubuh mencerna kafein, maka tubuh akan membuat bahan kimia yang disebut paraxanthine. Kandungan inilah yang bertugas memperlambat pertumbuhan jaringan parut yang terlibat dalam fibrosis. Singkat cerita, proses ini membantu melawan kanker hati, beberapa masalah yang berhubungan dengan alkohol, dan hepatitis C.

4. Mengurangi Risiko terkena Alzheimer

Kafein sebenarnya merupakan faktor pelindung dalam kasus demensia dan penyakit alzheimer. Penelitian telah menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun atau lebih yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari, cenderung tidak mengalami segala bentuk demensia.

Manfaat Secangkir Kopi Yang Menciptakan Kebiasaan Sehat

Bagaimana dengan mereka yang hanya minum kopi tanpa kafein? Jangan khawatir, kami akan membahas semua manfaat kesehatan dari kopi tanpa kafein dipembahasan berikutnya.

Baik kamu memilih kafein di pagi hari atau tidak, minum secangkir kopi setiap pagi membantu mengembangkan pola yang konsisten, reliable, dan sehat. Setelah hal ini menjadi bagian dari rutinitas harianmu, maka secara otomatis akan membuatmu lebih tenang. Kamu juga akan terbebas dari stres yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan iritasi. Pada akhirnya, kebiasaan ini mengarah pada dirimu yang lebih produktif, sehat, bahagia, dan penuh perhatian!

Apa rutinitas kopi pagi kamu? Kami akan senang mendengarnya! Ingatlah selalu manfaat secangkir kopi di pagi hari.