Ramalan Pasar Dropship Di Tahun 2027

Pasar dropship bernilai US$ 162,44 miliar pada 2019. Pasar ini diproyeksikan naik mencapai US$ 591,77 miliar pada tahun 2027. Pasar ini juga diharapkan tumbuh pada CAGR 18,3% dari tahun 2020 hingga 2027.

Pasar dropship global tersegmentasi menjadi lima wilayah utama. Kelima pasar tersebut antara lain Amerika Utara, Eropa, APAC, MEA, dan SAM. Pada tahun 2019, APAC memimpin pasar dropship global dengan pangsa pendapatan lebih dari 31,9%.

ramalan pasar dropship di tahun 2027

Kemudian diikuti oleh Eropa dan Amerika Utara. APAC terdiri dari negara-negara, seperti Cina, India, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. India dan Cina adalah pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di APAC.

Ramalan Pasar Dropship Dunia Di Masa Depan

Dengan penetrasi internet yang meningkat, konsumen di negara-negara ini cenderung berbelanja online. Pada akhirnya mengubah beberapa bidang e-commerce di kawasan tersebut.

Dengan teknologi yang tepat, belanja online dan pengiriman ke pelanggan menjadi mudah. Bahkan sampai ke daerah pedesaan. Dengan demikian, faktor-faktor ini mendorong pertumbuhan pasar dropship di APAC.

Saat ini dropship telah berpindah dari toko tradisional ke toko online. Perubahan ini memungkinkan pengiriman di mana saja. Karena mayoritas penduduk memiliki akses internet.

Investasi yang lebih sedikit adalah bagian yang menguntungkan dari dropship. Hal ini memungkinkan pemula dan pengusaha baru untuk masuk dan meluncurkan perusahaan di pasar APAC.

Permintaan model bisnis dropship meningkat pesat di berbagai negara APAC. Misalnya seperti India dan China. Ini adalah salah satu model hemat biaya bagi pengusaha untuk memulai bisnis e-commerce.

Ini memungkinkan seorang pengusaha untuk menjual produk secara online. Tentunya tanpa harus memiliki persediaan. Penjualan e-commerce di negara-negara APAC tumbuh dengan pesat. Sehingga menjadikannya salah satu industri terbesar.

Menurut IBEF, pada tahun 2017 penjualan e-commerce tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 51%. Menjadikannya peluang terbesar bagi para ritel online.

Selain itu, menurut Pusat Informasi Internet China, penjualan ritel online China melampaui US$ 1,29 triliun pada tahun 2018. Beberapa produk pintar seperti speaker pintar dan jam tangan pintar disukai oleh konsumen di kawasan ini. Dengan peningkatan penjualan ~80% year-on- year. Penjualan kosmetik dan furnitur juga mencapai pertumbuhan pesat di China.

Alidropship, Doba Inc, Dropshipzone, Inventory Source, Megagoods Inc, Modalyst Inc, Orderhive, Printify Inc, Salehoo Group Limited, dan Sunrise Wholesale Merchandise LLC adalah pemain kunci yang diprofilkan dalam laporan selama studi pasar ini.

Selain itu, beberapa pemain pasar penting lainnya dipelajari dan dianalisis selama studi riset pasar ini. Tujuannya untuk mendapatkan pandangan holistik dari pasar dropship global dan ekosistemnya.

Dampak COVID-19 Terhadap Ramalan Pasar Dropship Di Tahun 2027

Krisis COVID-19 mempengaruhi industri di seluruh dunia. Ekonomi global diperkirakan akan mengalami pukulan terburuk pada tahun 2020. Kemungkinan akan berdampak pada tahun 2021 juga. Hal ini memang benar-benar terjadi pada saat ini. Pandemi telah mengganggu bisnis dan pemasok dropship di seluruh dunia.

Gudang, pemasok, dan perusahaan pengiriman tidak beroperasi pada kapasitas penuh mereka. Hal ini mungkin menyebabkan beberapa penundaan pesanan. Perusahaan-perusahaan ini mengalami gangguan dalam operasi mereka.

Kemungkinan akan berdampak negatif pada perusahaan di seluruh dunia. Termasuk bisnis dropship. Penutupan pabrik, larangan perjalanan, larangan perdagangan, dan penguncian perbatasan. Semua ini dilakukan untuk memerangi dan menahan wabah agar tidak semakin berdampak buruk pada industri, termasuk dropship.

Di sisi lain, pertumbuhan dropship semakin pesat karena adanya wabah ini. Persainganpun semakin memanas akibat semakin banyaknya pemain yang masuk ke pasar. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran lain yang lebih kreatif. Tujuannya, tentu saja agar kita mampu bersaing di pasar yang panas ini.

Jangan sampai ikut melakukan praktik perang harga. Itu karena banyak orang dirugikan oleh praktik semacam ini. Pasar menjadi hancur dan tidak begitu menguntungkan.

Lalu seperti apa pasar dropship di tahun 2027? Penasaran bukan? Mari kita tunggu sama-sama seperti apa perkembangannya.